NIM : 1702111467
KELAS : C/7/PAK
1. Carilah apa yang dimaksud dengan kegiatan membuka pembelajaran!
2. Jelaskan apa saja tujuan dan manfaat pentingnya kegiatan membuka pembelajaran!
Tujuannya adalah :a. Memperoleh perhatian siswa
b. Meningkatkan motivasi siswa
c. Menilai pemahaman siswa tentang pembelajaran sebelumnya
d. Menyampaikan garis besar pembelajaran
e. Mendapatkan harapan siswa tentang pembelajaran
3. Komponen-komponen apa saja yang ada dalam kegiatan membuka pembelajaran? Jelaskan!
Komponen-komponen dalam kegiatan membuka kelasa. Perceptual set (seting persepsi)
Mengacu kepada kesan pertama siswa terhadap gurunya saat memasuki kelas atau sebelum memulai pembelajan, yang menberikan pengaruhnya terhadap orang yang mempersepsikan aatau siswanya, hal ini bisa dilihat dari penampilan berpakaian guru, tepat waktunya pembelajaran, sikap semangat, ramah tamah, berani menatap siswanya dan percaya diri dari guru,
b. Cognitive set
Yang bertujuan untuk mengenali kebutuhan siswa secara struktur, yakni memberikan pemahaman kepada siswa garis-garis besar yang akan dicapai, misal menentukan tujuan pembelajaran serta urutan isi pembelajaran dengan jelas, atau menjelaskan antara pembelajaran yang sudah berlalu dengan pembelajaran yang akan dipelajari hari ini
c. Motivational set
Memotivasi siswa dalam mengikuti pembelajaran, siswa yang termotivasi tentunya akan mengikuti pembelajaran dengan baik sehingga tercapainya tujuan pembelajaran, caranya menggunakan alat peraga pembelajaran seperti dengan gambar, kostum, atau masuk kelas dengan dramatis, sehingga siswa akan bertanya-tanya hal apa yang akan dipelajari.
d. Sosial set
Menceritakan lingkungan dimana siswa merasa dihargai, misal memberikan sapaan yang hangat, menceritakan hal-hal yang lucu, sampaikan rasa senang kepada siswa karena dapat berjumpa kembali, tanyakan kabar siswa, memanggil nama siswa, menerima tanggapan dari siswa, tidak membeda-bedakan siswa.
4. Apa yang dimaksud dengan kegiatan menutup pembelajaran!
Kegiatan menutup pelajaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk mengakhiri pelajaran. Kegiatan menutup pelajaran tersebut dimaksudkan untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang apa yang telah dipelajari siswa, mengetahui tingkat pencapaian siswa dan tingkat keberhasilan guru dalam proses belajar mengajar. guru dapat merangkum kembali atau menyuruh siswa membuat ringkasan dan mengadakan evaluasi tentang materi pelajaran yang baru diberikan. Seperti halnya kegiatan membuka pelajaran, kegiatan menutup pelajaran ini harus dilakukan guru tidak saja pada akhir jam pelajaran tetapi juga pada akhir setiap penggal kegiatan dari inti pelajaran yang diberikan selama jam pelajaran itu. Seperti halnya kegiatan membuka pelajaran, kegiatan menutup pelajaran juga tidak mencakup urut-urutan kegiatan rutin seperti memberi tugas dirumah, tetapi kegiatan yang ada kegiatan langsung dengan penyampaian materi pelajaran.5. Jelaskan apa saja tujuan dengan manfaat pentingnya kegiatan menutup pembelajaran!
Tujuan dan pentingnya kegiatan menutup pembelajaran :a. Perceptual closure
Memberikan persepsi kepada siswa bahwa saat ini pembelajaran akan berhenti, manfaatnya siswa akan mengetahui bahwa pembelajaran akan segera berakhir. Misal nyatakan dengan jelas bahwa pembelajaran sudah berada di tahap penyimpulan.
b. Cognitive closure
Bertujuan untuk mengetahui sampai mana pemahaman siswa tentang pembelajaran yang sudah dilalui, dengan cara guru mengajar siswa-siswanya untuk menyimpulkan pembelajaran berdasarkan tujuan awal yang sudah disepakati bersama.
c. Motivational closure
Memotivasi siswa untuk terus mempelajari apa yang sudah dipelajari hari itu, sehingga mereka bisa mencari pengalaman baru tentang pembelajaran tersebut. Manfaatnya siswa tidak hanya belajar di kelas namun di rumahpun siswa akan belajar, caranya bisa tutup dengan kutipan menarik terkain pembelajaran, memberikan sumber belajar lain yang menarik, atau berikan tugas rumah.
d. Sosial closure
Bertujuan untuk mendorong siswa secara sosial, mengakui pencapain siswa yang sudah terjadi selama berinteraksi dalam kelas, yakni dengan memberikan penguatan. Penguatan ini bisa berupa task related berhubungan dengan tugas yang dikerjakan atau tugas yang akan siswa kerjakan hari itu, atau non-task berhubungan dengan semangat untuk berjumpa kembali dalam pembelajaran berikutnya serta mendoakan siswa ketika akan pulang.
6. Komponen-komponen apa saja yang ada dalam kegiatan menutup pembelajaran!
1. Meninjau Kembali
Menjelang akhir suatu jam pelajaran atau pada akhir setiap penggal kegiatan, guru meninjau kembali apakah inti pelajaran yang diajarkan telah dikuasai siswa. Ada dua cara meninjau kembali penguasaan inti pelajaran itu, yaitu merangkum inti pelajaran dan membuat ringkasan.
2. Mengevaluasi
7. Jelaskan apa yang dimaksud dengan keterampilan menjelaskan!
Keterampilan menjelaskan adalah suatu keterampilan menyajikan informasi yang terorganisir secara sistematis sebagai kesatuan yang berarti sehingga peserta didik dapat memahami dengan mudah.8. Jelaskan apa saja tujuan keterampilan menjelaskan!
a. Untuk membimbing pikiran peserta didik dalam memahami konsep, prinsip, dalil, atau hukum-hukum yang menjadi bahan pelajaran.b. Untuk memperkuat struktur kognitif peserta didik yang berhubungan dengan bahan pelajaran.
c. Membantu peserta didik dalam memecahkan masalah.
d. Membantu memudahkan peserta didik dalam mengasimilasi dan mengakomodasikan konsep.
e. Mengomunikasikan ide dan gagasan (pesan) kepada peserta didik.
f. Melatih peserta didik mandiri dalam mengambil keputusan.
g. Melatih peserta didik berpikir logis apabila penjelasan guru kurang sistematis.
9. Jelaskan apa saja unsur unsur dalam keterampilan menjelaskan!
Pada garis besarnya ada dua unsur pokok yang harus dikuasi oleh guru untuk melaksanakan keterampilan menjelaskan yaitu:a. Keterampilan merecanakan penjelasan
Keterampilan menjelaskan identic atau sama dengan keterampilan mengkomunikasikan. Dalam komunikasi pembelajaran paling sedikit ada tiga komponen utama yang harus dipertimbangkan dalam merencanakan keterampilan menjelaskan atau mengkomunikasikan yaitu: pesan atau materi yang akan dijelaskan, saluran/alat media yang digunakan untuk menjelaskan, karakteristik siswa sebagai penerima penjelasan.
b. Keterampilan menyajikan penjelasan itu sendiri
Keterampilan melaksanakan penjelasan di sini adalah memberikan informasi secara lisan yang diorganisasikan secara sistematis untuk menujukan adanya hubungan sebab akibat, antara yang sudah di alami, antara generalisasi dengan konsep, antar konsep dengan data, atau sebaliknya.
10. Jelaskan prinsip dalam mengimplementasikan keterampilan menjelaskan!
Prinsip dalam mengimplementasikan keterampilan menjelaskan sebagai berikut:
a. Penjelasan dapat diberikan selama pembelajaran, baik di awal, di tengah, maupun diakhir pembelajaran.
b. Penjelasan harus menarik perhatian pesert didik dan sesuai dengan materi standar dan kompetensi dasar.
c. Penjelasan dapat diberikan untuk menjawab pertanyaan peserta didik atau menjelaskan materi standar yang sudah direncanakan untuk membentuk kompetensi dasar dan mencapai tujuan pebelajaran.
d. Materi yang dijelaskan harus sesuai dengan kompetensi dasar, dan bermakna bagi peserta didik.
e. Penjelasan yang diberikan harus sesuai dengan latar belakang dan tingkat kemampuan peserta didik.