NAMA :
ERINA KRISTIANI
NIM :1702111467
KELAS :
C/7/PAK
1. Mengapa
anda sebagai seorang calon guru perlu menguasai atau memilik keterampilan dasar
memberikan stimulus yang bervariasi?
Jawaban :
Karena seorang calon guru harus bisa mengendalikan proses pembelajaran
dengan baik agar bisa mengatasi kebosanan peserta didik, agar selalu antusias,
tekun, dan penuh partisipasi. Agar meningkatkan motivasi belajar peserta didik,
serta mengurangi kejenuhan dan kebosanan.
2.
Apa
yang dimaksud dengan keterampilan dasar variasi stimulus?
Jawaban :
Variasi stimulus adalah suatu kegiatan guru dalam konteks proses
interasksi belajar-mengajar yang ditujukan untuk mengatasi kebosanan siswa,
sehingga dalam proses belajar-mengajar siswa senantiasa menunjukan ketekunan,
antusias serta penuh partisipasi.
3.
Apa
tujuan dan manfaat variasi stimulus?
Jawaban :
Tujuan dan manfaat dari variasi stimulus, di
antaranya yaitu:
a. Terciptanya proses pembelajaran yang menarik
dan menyenangkan bagi siswa.
b. Menghilangkan kejenuhan dan kebosanan sebagai
akibat dari kegiatan yang bersifat rutinitas.
c. Meningkatkan perhatian dan motivasi siswa.
d. .mengembangkan sifat keingintahuan siswa
terhadap hal-hal yang baru.
e. Menyesuaikan model pembelajaran dengan cara
belajar siswa yang berbeda-beda.
f.
Meningkatkan
kadar aktivitas belajar siswa.
4. Jelaskan mengenai 3
variasi mengajar dan berikan contoh!
Jawaban:
a. Variasi kegiatan tatap muka
Variasi ini adalah
kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk menjaga agar proses pembelajaran tetap kondusif, ada beberapa
Teknik yang dapat dilakukan dalam kegiatan tatap muka contohnya: penggunaan variasi suara contohnya seperti
tinggi rendahnya guru berbicara, pemusatan perhatian, kebisuan guru contohnya guru memberikan waktu kebapa siswa untuk
mencerna penjelasan sejenak tidak terus terusan bicara, mengadakan kontak pandang dengan peserta
didik, dan gerak guru, guru yang mengajar dengan diam ditempat yang sama dari
awal hingga akhir jelas akan memberi kesen berbeda bagi peserta didik dibanding
guru yang mengajar gestur tubuh.
b.
Variasi
menggunakan media
Variasi dalam penggunaan media dan alat pembelajaran guru perlu
mengunakan variasi dalam penggunaan media dan alat pembelajaran. Media yang
dapat didengar, dapat dilihat, dan dapat diraba. Untuk bisa mempertinggi
perhatian siswa, guru perlu menggunakan setiap media sesuai dengan kebutuhan.
c.
Variasi komunikasi pembelajaran
Guru perlu membangun interaksi secara penuh dengan memberikan kesempatan
seluas-luasnya kepada siswa untuk berinteraksi dengan lingkungannya. Guru perlu menggunakan variasi
interaksi dua arah, yaitu pola interaksi
siswa-guru-siswa, bahkan pola interaksi multi arah
5. Jelaskan prinsip-prinsip apa saja yang harus
diperhatikan dalam menerangkan dan mengembangkan keterampilan variasi
stimulasi?
Jawaban:
Prinsip-prinsip keterampilan
mengadakan variasi yaitu;
a. variasi
hendaknya digunakan dengan suatu maksud tertentu yang relevan dengan tujuan
yang hendak dicapai,
b. variasi
harus digunakan dengan lancar dan berkesinambungan sehingga tidak akan merusak
perhatian peserta didik dan tidak mengganggu pelajaran, dan
c. variasi
harus direncanakan secara baik dan secara eksplisit dicantumkan dalam rencana
pelajaran atau satuan pelajaran.
6.
Mengapa anda sebagai calon guru peru menguasai
atau memiliki keterampilan bertanya dasar?
Jawaban:
Karena keterampilan guru dalam bertanya sangat berpengaruh untuk menciptakan suasana
pembelajaran lebih bermakna, sehingga dapat meningkatkan partisipasi siswa
secara penuh dalam proses pembelajaran. Dapat meningkatkan kemampuan berpikir
siswa,
7.
Apa yang dimaksud dengam
keterampilan bertanya dasar?
Jawaban:
Keterampilan bertanya dasar
yaitu mencakup pertanyaan yang jelas dan singkat, pemberian acuan,
pemusatan perhatian, pemindahan giliran, penyebaran pertanyaan, pemberian waktu
berpikir, dan pemberian tuntunan.
8. Sebutkan dan jelaskan
apa tujuan dan manfaat serta karakteristik keterampilan bertanya dasar?
Jawaban:
Tujuan dan manfaat
keterampilan bertanya dasar yaitu Membangkitkan minat dan rasa ingin tahu terhadap pokok bahasan, Memusatkan
perhatian, Mengembangkan SCL (Studen Center Learning), Menarik siswa dalam
pokok pembicaraan, Mengetahui kesulitan belajar siswa, Memotifasi siswa
mengeluarkan pendapat, Merangsang kemampuan berpikir, Membantu siswa dalam
belajar, Mengarahkan siswa pada interaksi belajar yang mandiri, Membantu siswa
dalam mencapai tujuan pelajaran yang dirumuskan, Memusatkan kekuatan ingatan
dalam suatu masalah, sehingga dapat mengikuti sepenuhnya pembahasan dan
pendalaman masalahnya, kemudian setelah itu bepindah kepada bahan lain (bahan
baru), Memantapkan pengertian-pengertian dan masalah-masalah yang telah
diajarkan kepada mereka, Mengukur (mengevaluasi) benar tidaknya bahan pelajaran
yang dapat mengerti / ditangkap oleh murid-murid selama pelajaran berlangsung
dan mengukur kadar jelas tidaknya (pengertian mereka), Akan jelas bagi guru,
banyaknya pelajaran yang sudah diketahui/dimengerti oleh murid-muridnya.
Komponen keterampilan
bertanya dasar adalah : Jelas
dan singkat, Pemberian acuan, Pemusatan, Pemindahan giliran,
pemberian waktu berfikir, pemberian tuntunan.
9. Menurut anda hal apa
yang peru dihindari ketika kita ingin mengajukan pertanyaan kepada siswa?
Jawaban:
Hal yang perlu dihindari saat mengajukan pertanyaan pada siswa antara
lain hindari menyalahkan pada jawaban siswa, gunakan kata belum
tepat.
Hindari menjawab sendiri pertanyaan yang diajukan sebelum siswa menjawabnya mengulang-ngulang pertanyaan yang sama
10. Apa yang di maksud dengan ketrampilan
bertanya lanjut?
Jawaban :
Keterampilan bertanya lanjut adalah kecakapan guru dalam mengajukan
pertanyaan kepada peserta didik untuk lebih mengutamakan usaha mengembangkan
kemampuan berpikir peserta didik, memperbesar partisipasi dan mendorong peserta
didik agar dapat berinisiatif sendiri dengan cara melakukan perubahan tuntunan
tingkat berpikir.
11. Apa perbedaan dari keterampilan bertanya
dasar dan lanjut?
Jawaban:
Keterampilan bertanya dasar dapat dilihat
dari pengungkapan pertanyaan secara jelas dan singkat, pemberian acuan,
pemusatan ke arah jawaban yang diminta, pemindahan giliran menjawab, penyebaran
pertanyaan, dan pemberian waktu berpikir, sedangkan keterampilan bertanya
lanjut dapat dilihat dari perubahan tingkat kognitif.
12. Sebutkan dan jelaskan
apa tujuan dan manfaat, serta karakteristik keterampilan bertanya lanjut!
Jawaban:
Tujuan dan manfaat dari bertanya lanjut adalah:
a. Mengembangkan
kemampuan berfikir siswa untuk menemukan,
mengorganisasi atau menilai
atas informasi yang diperoleh.
b.
Meningkatkan kemampuan siswa dalam membentuk dan
mengungkapkan pertanyaan-pertanyaan yang didasarkan atas informasi yang lebih
lengkap dan relevan.
c.
Mendorong siswa untuk mengembangkan dan memunculkan
ide-ide yang lebih kreatif dan inovatif.
d.
Memberi kesempatan untuk melakukan proses
pembelajaran kepada hal-hal
Komponen bertanya tingkat lanjut adalah:
a. Pengubahan tuntunan
tingkat kognitif
b. Pengaturan urutan
pertanyaan
c. Pertanyaan pelacak
·
Klarifikasi
·
Meminta
peserta didik memberikan alasan
·
Meminta kesepakatan jawaban
·
Meminta
ketepatan jawaban
·
Meminta jawaban yang lebih relevan
·
Meminta jawaban yang lebih kompleks
d. Mendorong terjadinya
interaksi